PROFIL S2 MKGSD

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 392/E/O/2014 tanggal 10 September 2014 Tentang Izin Penyelenggaraan Program Pascasarjana Magister Keguruan Guru SD pada Universitas Lampung. Pada tahun akademik 2014/2015 Program Magister Keguruan Guru SD FKIP Universitas Lampung menerima mahasiswa baru dengan pendaftar dan seleksi awal sebanyak 30 orang calon mahasiswa, dari hasil seleksi gelombang pertama diterima 25 orang, gelombang kedua seleksi sebanyak 42 orang diterima 35 orang. Pada tahun kedua tahun akademik 2015/2016 menerima mahasiswa baru dengan pendaftaran dan seleksi awal sebanyak 45 orang calon mahasiswa, dari hasil seleksi diterima 39 orang.

Tenaga pengajar Magister Keguruan Guru SD (MKGSD) FKIP Unila terdiri dari dosen bidang keahliannya tersebar sebagai berikut:

  • Satu orang doktor jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia;
  • Satu orang doktor Manajemen Lingkungan Hidup;
  • Satu orang doktor Manajemen Pendidikan;
  • Satu orang doktor jurusan IPS,
  • Dua orang doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan,
  • Satu orang doktor Pengembangan Kurikulum.

Tenaga kependidikan (Staf Administrasi) Magister Keguruan Guru SD (MKGSD) FKIP Unila sampai dengan tahun 2015/2016 berjumlah 4 orang, dengan kualifikasi S1 Administrasi Pendidikan 1 orang, S1 Administrasi Negara 1 orang. Dan SLTA sederajat 2 orang.

 Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian

Visi, Misi, Tujuan dan sasaran Program Studi Magister Keguruan Guru SD, disusun melalui lokakarya Program Studi yang diikuti oleh dosen-dosen Program Studi Magister Keguruan Guru SD, Ketua Jurusan Ilmu Pendidikan, dan tim Quality Assurance (QA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

A. Visi Program Studi

        Visi: “Bermutu, Profesional, Berdedikasi dan Bermartabat pada tahun 2021 menjadi Program Studi                      Magister Keguruan Guru SD 15 besar di Indonesia,”.

B. Misi Program Studi Magister Keguruan Guru SD:

         Menyelenggarakan proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara bermutu.

  1. Meningkatkan kinerja pengelolaan Program Studi Magister Keguruan Guru SD secara berkelanjutan.
  2. Meningkatkan kerjasama dengan Program Studi Magister Magister Keguruan Guru SD terakreditasi di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Meningkatkan daya dukung sarana dan prasarana secara berkelanjutan.

   C. Tujuan program studi Magister Keguruan Guru SD

       Menghasilkan lulusan yang bermutu dan berdaya saing tinggi

  1. Menghasilkan produk penelitian yang menunjang proses pembelajaran
  2. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat sebagai manifestasi hasil penelitian
  3. Membangun jaringan (network building) dengan pihak luar, baik pemerintah maupun pihak swasta dan masyarakat.
  4. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja pengelola program studi dengan mengoptimalkan sumberdaya yang ada
  5. Mampu menciptakan lulusan dengan kualifikasi:
    1. Indeks Prestasi rata-rata ≥ 3,50
    2. Waktu penyelesaian studi rata-rata 2 tahun
    3. Mampu mamahami dan berkomunikasi dalam bahasa asing (bahasa Inggris) dengan nilai TOEFL ≥ 450

D. Sasaran dan Strategi Pencapaian

  1. Menghasilkan lulusan:
  2. Rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ≥ 3,50
  3. Rata-rata lama studi 2 (dua) tahun;
  4. TOEFL450
  5. Menghasilkan output penelitian:
  6. Setiap dosen menghasilkan minimal 1 (satu) judul penelitian setiap tahun;
  7. Sumber dana penelitian berasal dari PT/sendiri (50%), kerjasama dengan pihak lain (50%);
  8. Setiap dosen mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal Internasional (10%), nasional terakreditasi (40%) dan nasional tidak terakreditasi (50%);
  9. Menghasilkan buku referensi 2 (dua) judul setiap tahun.
  10. Menghasilkan output pengabdian:
  11. Setiap dosen melaksanakan minimal 1 (satu) kegiatan pengabdian setiap tahun;
  12. Sumber dana pengabdian berasal dari PT/sendiri (50%), kerjasama dengan pihak lain (50%);
  13. Memberikan layanan peningkatan mutu bagi satuan pendidikan untuk menyelenggarakan pendidikan berdasarkan Manajemen Berbasis S
  14. Melaksanakan kegiatan:
  15. Diskusi bulanan yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa serta pihak terkait;
  16. Seminar/lokakarya melibatkani para pakar (praktisi dan akademisi) terkemuka baik nasional maupun internasional per triwulan;
  17. Melaksanakan seminar daerah, dan nasional setahun sekali serta internasional 2 (dua) tahun sekali;
  18. Membentuk kerjasama yang sinergis dan saling menguntungkan dengan berbagai pihak secara efektif dengan target
  19. kerjasama tingkat daerah dengan lembaga lain sebanyak 16 (enam belas) Kabupaten/Kota tahun 2014.
  20. kerjasama tingkat nasional dengan lembaga lain sebanyak 20 (duapuluh) lembaga/instansi pada tahun 2014, dan
  21. kerjasama tingkat internasional dengan lembaga lain sebanyak 8 (delapan) lembaga/instasi 2014.

Dalam mencapai tujuan dan sasaran strategik arah kebijakan yang dicanangkan adalah:

Arah kebijakan 1: Kepemimpinan Strategik, Pengembangan SDM, infrastruktur, dan fasilitas yang mendukung                                     daya saing Program Studi Magister Keguruan Guru SD FKIP Universitas Lampung.Arah kebijakan 2: Penguatan kapasitas pengelolaan akademik dan non akademik yang berstandar internasional.     Arah kebijakan 3: Mengorientasikan seluruh elemen organisasi Program Studi Magister Keguruan Guru SD FKIP Universitas Lampung untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.                                                                  Arah kebijakan   4: Mengembangkan basis keuangan yang kuat untuk menjamin kecukupan pembiayaan untuk pelaksanaan misi dalam pencapaian visi.                                                                                                                             Arah kebijakan 5:   Menjadikan Program Studi Magister Keguruan Guru SD FKIP Universitas Lampung sebagai tujuan favorit bagi guru, kepala sekolah dan pengawas, serta pengelola lembaga pendidikan terbaik untuk mengembangkan kompetensi penyelenggaraan pendidikan secara professional

 

 

DAFTAR HOME BASE DOSEN MAGISTER KEGURUAN GURU SD

 

No. Nama Dosen Tetap  

NIDN**

Tgl. Lahir Jabatan Akademik Gelar Akademik Pendidikan S1, S2, S3   dan Asal Universitas * Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan
1 Dr. Suwarjo, M. Pd 0022125508 22-12-1955 Lektor Kepala Doktor S1 Unila

S2 Univ. Neg. Malang

S3 Univ. Neg. Malang

Pend. Bahasa Indonesia

Pend. Bhs Indonesia SD

Pend. Bahasa Indonesia

2 Dr. M. Thoha B.S. Jaya, M.S 0031085204 31-08-1952 Lektor Kepala Doktor S1 UNS Ilmu Pendidikan

S2 UNJ Manj.Lingk.Hidup

S3 IPB Lingkungan Hidup

Ilmu Pendidikan

Manajemen Lingk.Hidup

Lingkungan Hidup

3 Dr. Darsono, M. Pd 0016115406 16-10-1954 Lektor Kepala Doktor S1 STKIP Muh. Metro

S2 IKIP Bandung

S3 UPI Bandung

Pendidikan IPS

Pendidikan IPS SD

Pendidikan IPS

4 Dr. A. Ambarita, M. Pd 0011075709 11-07-1957 Lektor Doktor S1 IKIP Medan

S2 IKIP Padang

S3 UNJ Jakarta

Pendidikan Matematika

Manajemen Pendidikan

Manajemen Pendidikan

5 Dr. Lilik Sabdaningtyas, M. Pd 0005105608 05-10-1956 Lektor Kepala Doktor S1 IKIP Jogyakarta

S2 UNY

S3 UNY

Pendidikan Sosial

Pen. dan Evaluasi Pend.

Pen. dan Evaluasi Pend.

6 Dr. Rochmiyati, M. Si 0028105708 28-10-1957 Lektor Doktor S1 Adm. Pend (UNY)

S2 Imu Sosial (UGM)

S3 PEP UNY

Administrasi Pend.

Ilmu Sosial

Peneli. Evaluasi Pendidk

 

Daftar: Tenaga Kependidikan (Staf Tata Usaha) tetap MKSD Unila UPP Metro terdapat pada tabel berikut:

No Nama Staf

Kependidikan (TU)

NIP Tanggal Lahir Gelar Akademik Pendidikan SMA, Diploma, S1, S2, S3 dan Asal Universitas * Bidang Tugas Pokok
(1) (2) (4) (5) (7) (8) (9)
1. Sutini, S.Pd. 19590914 198203 2 001 14 September 1959 Strata Satu (S-1) Universitas Muh. Metro Koord. Administrasi
2. Hermanto, S. Sos. 19710830 200701 1 001 30 Agustus 1971 Strata Satu (S-1) STISIPOL Dharma Wacana Metro Akademik
3. Eko Susanto 19730308 200701 1 002 08 Maret 1973 SMA Tehnisi Kebun
4. Dwi Hendri 19 Maret 1991 SMA SATPAM

MATAKULIAH YANG DITAWARKAN    MATA KULIAH MATRIKULASI

SKS KETERANGAN
MSD 814001   Dasar-dasar Kependidikan 0/2 Landasan Kependidikan
MSD 814002   Dasar-dasar Pembelajaran di SD 0/2 Landasan Bidang Studi
MSD 814003   Pemahaman Teks Bahasa Inggris 0/2 Penunjang
Jumlah 0/6
MATA KULIAH SEMESTER I
UNI 814101     Filsafat Ilmu 2 Landasan Keilmuan
UNI 814102     Metodologi Penelitian 2 Landasan Keilmuan
KIP   814101     Kurikulum dan Pembelajaran 2 Landasan Kependidikan
KIP   814102     Wawasan Kependidikan 2 Landasan Kependidikan
MSD 814102 Pend. Bahasa Indonesia SD 3 Bidang Studi
MSD 814107   Seminar 1 3 Bidang Studi
Jumlah 14
MATA KULIAH SEMESTER II
MSD 814104   Pendidikan Sains SD 3 Bidang Studi
MSD 814103   Pendidikan IPS SD 3 Bidang Studi
MSD 814105   Pendidikan Matematika SD 3 Bidang Studi
MSD 814101     Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD 3 Bidang Studi
MSD 814106   Statistika Terapan Pendidikan 3 Bidang Studi
MSD 814202   Seminar-2 2 Bidang Studi
MSD 814201   Seminar Proposal Tesis 3 Bidang Studi
Jumlah 22
MATA KULIAH SEMESTER III
MSD 814208   Inovasi Pendidikan di SD*) 2 Bidang Studi
MSD 814209   Pendidikan Inklusi di SD*) 2 Bidang Studi
MSD 814204   Evaluasi Pembelajaran di SD*) 2 Bidang Studi
MSD 814205   Supervisi Pendidikan di SD*) 2 Bidang Studi
MSD 814206   Perkembangan Peserta Didik*) 2 Bidang Studi
MSD 814207   Pembelajaran Terpadu di SD*) 2 Bidang Studi
MSD 814203   Karya Ilmiah**) 10 Bidang Studi
Jumlah 22
MATA KULIAH SEMESTER IV
MSD 814210   Tesis***) 20 Bidang Studi
Jumlah 20
Jumlah SKS wajib diambil mahasiswa 72